Lembaga Penjaminan Mutu (LPM)

STIKES Hutama Abdi Husada | Tulungagung

Selasa, 13 September 2023

 

Pada Hari selasa tanggal 13 September 2023 dilakukan kegiatan sosialisasi Penjaminan Mutu STIKES Hutama Abdi Husada Tulungagung tahun 2023-2024 di Aula STIKES Hutama Abdi Husada Tulungagung. 

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan untuk menunjukan budaya komitmen pelaksanaan mutu yang ada di STIKES Hutama Abdi Husada Tulungagung. Adapun kegiatan sosialisasi terdiri dari : 

  1. Pembukaan 
  2. Sambutan Oleh ketua STIKES HAH TA
  3. Penjelasan dan komitmen Mutu oleh Ketua LPM
  4. Penandatanganan Komitmen Budaya Mutu oleh Ketua STIKES, Ketua Prodi, dan Kepala Unit.
  5. Penutup

Kegiatan Sosialisasi ini dibuka oleh Ketua STIKES Hutama Abdi Husada Tulungagung, dimana Ketua STIKES menyampaikan bahwa “pentingnya menjaga budaya mutu yang ada di STIKES Hutama Abdi Husada Tulungagung”, Bapak Ketua menyampaikan bahwa dalam mendukung terlaksanaannya Program Strategis dan Rencana Strategis STIKES HAH yang unggul tingkat ASEAN pada tahun 2033 dan pada milestone yang ke-4 dimana STIKES diharapkan unggul dalam tingkat nasional, maka keberlanjutan Siklus PPEPP harus selalu dijaga dan dijunjung tinggi oleh semua stake holder internal. Ketua STIKES juga menyampaikan pada kesempatan ini bahwa budaya mutu akan menjadi barometer dan tolok ukur keberhasilan program PPEPP yang ada di STIKES Hutama Abdi Husada Tulungagung. 

Dalam kesempatan ini Ketua LPM STIKES HAH menyampaikan bahwa  Siklus PPEPP yang ada di STIKES dan yang sudah berjalan harus senantiasa dilakukan sebagai budaya atau culture. Kegiatan evaluasi PPEPP perlu dilakukan dikarenakan penting dalam menunjang budaya mutu yang ada di STIKES HAH. 

 

Adapun Ringkasan Dari materi yang di sampaikan oleh ketua LPM adalah sebagai berikut : 

 

PPEPP merupakan singkatan dari lima tahapan dalam siklus SPMI, yaitu Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan. Setiap tahapan memiliki peran yang penting dalam memastikan bahwa sistem manajemen mutu yang diterapkan oleh perguruan tinggi sudah sesuai dengan SNDIKTI.

Penetapan (P) Standar Dikti: Tahap pertama dari siklus PPEPP adalah penetapan standar Dikti. Pada tahap ini, perguruan tinggi harus menetapkan standar yang sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Standar ini harus mencakup semua aspek yang terkait dengan sistem manajemen mutu dan keamanan pangan di perguruan tinggi.

Pelaksanaan (P) Standar Dikti: Tahap kedua dari siklus PPEPP adalah pelaksanaan standar Dikti. Pada tahap ini, perguruan tinggi harus melaksanakan standar yang telah ditetapkan dengan baik dan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Evaluasi (E) pelaksanaan Standar Dikti: Tahap ketiga dari siklus PPEPP adalah evaluasi pelaksanaan standar Dikti. Pada tahap ini, perguruan tinggi harus mengevaluasi kinerja mereka dalam melaksanakan standar yang telah ditetapkan. Evaluasi ini harus dilakukan secara berkala dan terstruktur.

Pengendalian (P) pelaksanaan Standar Dikti: Tahap keempat dari siklus PPEPP adalah pengendalian pelaksanaan standar Dikti. Pada tahap ini, perguruan tinggi harus mengendalikan pelaksanaan standar yang telah ditetapkan. Hal ini dilakukan agar perguruan tinggi dapat memastikan bahwa standar yang telah ditetapkan dapat dijalankan secara konsisten dan terus-menerus.

Peningkatan (P) Standar Dikti: Tahap kelima dan terakhir dari siklus PPEPP adalah peningkatan standar Dikti. Pada tahap ini, perguruan tinggi harus terus-menerus meningkatkan standar yang telah ditetapkan. Hal ini dilakukan agar perguruan tinggi dapat terus meningkatkan kinerja dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Terakhir kegiatan Sosialisasi Budaya Mutu diakhiri dengan penandatangan berita Acara dan komitmen bersama oleh Ketua STIKES, Ketua Prodi dan Ketua Unit di lingkungan STIKES Hutama Abdi Husada Tulungagung. 

 

 

Penulis  : 

Angga Miftakhul Nizar, S.Kep.,Ns.,M.Kep

 

Leave a Reply